Rabu, 27 Februari 2013

TRIK MENGURAS CARTRIDGE YANG SALAH ISI WARNA



Mungkin sering ya kita melakukan kesalahan pada saat mengisi tinta pada cartridge warna printer Canon dan HP. Kesalahan yang saya maksudkan disini adalah tertukar saat menyuntik tinta warna. Dan yang paling sering sih kita tertukar menyuntik tinta warna biru dengan warna kuning.

Memang sih letak lubang udara yang menjadi tempat kita mengisikan tintanya terletak berdekatan/bersebelahan sehingga kita kerap kali tertukar saat mengisinya. Dan memang tidak ada patokan bagi kita lubang mana untuk warna biru dan mana yang untuk warna kuning. Saya aja sering lupa warna biru itu yang kiri atau atau kanan.

Entah karena alasan malas ngerjakan, atau belum pernah nyoba atau karena takut disalahkan oleh konsumen kalau hasilnya tidak memuaskan alias gagal, maka teman-teman teknisi saya kebanyakan menyatakan bahwa kalau sudah tertukar saat mengisi / menyuntikkan warnanya pada cartridge maka cartridgenya sudah tidak bisa dipakai lagi. Kesalahan isi tadi menjadi lonceng kematian bagi cartridge tersebut.
Padahal dalam pengalaman saya selama cartridge tersebut tidak bermasalah sebelumnya, hanya salah saat menyuntikkan tinta that’s not a big problemo. Cartridge tadi kemungkinan masih bisa dipakai koq. Ndak perlu cepat-cepat disuruh pensiun. Ingat lho, harga cartridge warna lumayan mahal.

Pertama jika om dan tante nyadar bahwa tintanya salah suntik cabut cartridge warnanya. Lalu ambil suntikan yang bersih dan sedot tinta dari dalam kompartemen warna yang salah tadi. Lakukan beberapa kali sampe tintanya udah ndak bisa disedot lagi. Lalu buang tinta dari tabung suntikannya.

Kemudian bersihkan suntikan tadi dan tiup kompartemen tinta warna yang telah disedot tadi memakai suntikan yang udah dibersihkan tadi. Lakukan beberapa kali juga sampe tidak ada lagi tinta yang muncrat keluar (ya emang, tintanya seringkali keluarnya muncrat-muncrat). Disarankan agar saudara-saudari memakai sarung tangan dan lakukan penyemprotan tadi di tempat yang mudah dibersihkan seperti kamar mandi atau tempat cuci piring. JANGAN LAKUKAN di ruang tamu, ruang kerja, kamar tidur apalagi di atas tempat tidur....;D

Sambil nyemprot-nyemprot head cartridgenya dilap juga ya. Pakai tissue bersih atau kain lap bersih. Perhatikan agar jangan sampai tinta meleleh dan menyentuh kontak-kontak cartridge. Kontak yang saya maksud adalah kotak-kotak berwarna tembaga yang berbentuk persegi empat. Oh iya, kontaknya juga tidak boleh tersentuh oleh tangan kita.
Lakukan langkah-langkah di atas keseluruh kompartemen tinta warna yang salah isi. Kalau terbalik antara warna kuning dengan warna biru berarti dua-duanya harus dibersihkan. Kalau ketiganya salah isi ya berarti cara-cara di atas harus dilakukan keseluruh kompartemennya.

Selesai semprot menyemprot bersihkan dahulu cartridge dari sisa-sisa tinta saat melakukan penyemprotan. Kemudian lakukanlah pengisian ulang pada cartridge. Kali ini pastikan nyuntiknya yang benar ya abang dan kakak. Setelah itu pasang lagi cartridge warna yang bermasalah tadi ke printer lalu lakukan head cleaning beberapa kali. Setelah itu test keluaran warnanya dengan cara ngeprint nozzle check atau dokumen berwarna atau foto. Jika hasilnya tetap belum memuaskan coba lakukan deep cleaning beberapa kali juga. Lalu check lagi.

Umumnya saat pertama kali ngeprint hasilnya belum memuaskan. Warna terkadang masih campur aduk atau masih terbalik. Ndak apa, jangan putus harapan dulu. Itu gejala normal. Lakukan pencetakan beberapa kali, Insya Allah hasilnya akan semakin baik. Ini dikarenakan masih ada tinta yang nyasar suntik yang tersisa dalam kompartemennya.
Sekali lagi saya ingatkan cara ini memiliki kemungkinan untuk berhasil jika sebelumnya kondisi cartridge masih dalam keadaan baik. Jika kondisi cartridge sudah jelek, entah itu tersumbat, bergaris atau bahkan tidak terdeteksi lagi oleh printer maka cara ini kemungkinan besar tidak akan membawa hasil yang memuaskan.

Sebenarnya ada cara yang cukup mudah untuk menghindari terjadinya kesalahan salah suntik tinta seperti ini. Jika kita ragu lubang mana untuk tinta warna apa maka kita masukkan jarum suntik yang masih bersih ke dalam lubang tersebut. Lalu lap jarum suntik tadi dengan tissue atau kapas atau kain bersih. Lihat warna apa yang menempel pada tissue tersebut sebagai patokan bagi anda warna apa yang sebenarnya harus disuntikkan pada lubang tersebut.

Hope this is useful
Regards

Chandra

29 komentar:

  1. terimakasih sarannya :D, ternyata sederhana

    BalasHapus
  2. ha..ha.. pengalaman saya adalah awal tulisan ini... salah isi ya ganti...

    ternyata ada triknya seperti ini...

    makasih...

    #korekkoreklacinyaricartridgelama

    BalasHapus
  3. Artikel yang sangat bermanfaat buat saya. Makasih yah !

    BalasHapus
  4. terima kasih atas tips nya.. saya sempat galau karena salah suntik..

    BalasHapus
  5. Kalo saya benar mas masukin warnanya, tapi saya salah beli tinta cartridge saya HP no 22 saya isi tinta no 28. warna merah sama biru jadi gak keluar mas.

    BalasHapus
  6. Thanks juga untuk semuanya. Buat mas ilham kalau dari pengalaman saya selama ini rasanya sih jenis tinta tidak terlalu berpengaruh. Printer HP punya abang ipar dan Canon segala jenis (iP 1880, iP 1700 dan MP 258) saya suntik dengan tinta yang sama dan alhamdulillah tidak berpengaruh terhadap ketahanan cartridge. Kalau merk tinta saya akui emang ada pengaruh dengan kualitas cetakan. Tapi ini berdasarkan pengalaman saya aja lho, Bukan dari penelitian yang komprehensif. Atau bisa jadi saya cuma beruntung aja.

    BalasHapus
  7. Terimakasih ya Pa Chandra! Saya baru saja mengalami kesalahan tersebut, InsyaAlloh Saya coba di rumah.

    BalasHapus
  8. Terimakasih informasinya Pa Chandra! Saya baru saja mengalami kesalahan tersebut, insyaAlloh triknya segera dilaksanakan.

    BalasHapus
  9. Izin share ya Bos .................

    BalasHapus
  10. nanti hasil cetakannya bagus lagi ? aku udah kejadian nih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selama tintanya tidak tersumbat sih Insya Allah bisa kembali normal. Hanya saja cartridge canon sekarang relatif mudah tersumbat dibandingkan produk lama. Bahkan dalam beberapa kasus yg saya temui cartridge yg baru pertama kali di refill udah tersumbat. Entah kualitas cartridge yg agak turun atau kualitas tinta refill yg semakin kurang

      Hapus
  11. Kalau harus sedot itu repot ya mas,,, soalnya saya pake jenis tinta infus.....

    BalasHapus
  12. Cabut dulu selangnya, kuras, lalu pasang lagi. Terbalik ya pasang selang infusnya? Anyway sorry telat balasnya. Agak jarang online sekarang

    BalasHapus
  13. infonya sangat membantu ...........

    BalasHapus
  14. terimaa kasiih oom chandraaa....dan terima ksiih buaat google jga

    BalasHapus
  15. Trims masukannya pak candra... akan kucoba daripad pusinggg..

    BalasHapus
  16. cara menyedotnya juga bisa dengan ngepirin warta yang bayak
    #pengalaman

    BalasHapus
  17. thnks makasih baxk alhirx berhasil ,,,,,

    BalasHapus
  18. kLo untuk menguras habis tntany cra nya gmn mas..soal nya mau ngasih tinta pigmen..yang sebelumny tinta epson..??

    BalasHapus
  19. Kalau mau mengganti tinta dengan tinta pigman gmn cara menguras tinta nya mas.??

    BalasHapus
  20. bisa bwt tinta hitam gak? soalnya sya pernah isi pke tinta merek lain dan bukan merek yg biasa sya pake jadi hasilnya jelekk banget. Apa bisa? mohon pencerahannya...

    BalasHapus
  21. Jika cara tersebut belom berhasil juga ada cara yang ekstrem gan..
    coba cek https://www.youtube.com/edit?o=U&video_id=gGJI4HZim7A
    tp do it with your own risk

    BalasHapus
  22. keren,pengalaman ane,ternyata udah ada yang nulis,bagus.

    BalasHapus
  23. punya saya salah ingsi tinta cenon gan kayak mana tu

    BalasHapus
  24. Okelah gan makasih ats ulasannya...q akn cba mdah2an jadi oke lgi...
    thanks...

    BalasHapus
  25. Boleh share gg ya...info yang amat bermanfaat...saya jg baru saja mengalami hal yang sedemikian

    BalasHapus
  26. fitri khoiriyah5 Maret 2017 08.26

    saya mau nanya tinta printer saya hp deskjet 1515 kan saya isi ulang pake veneta system mas.tetapi pas saya masukin k printernya malah ngga mau.lampunya ngeblink2 dua.duanya.kok bisa gitu ya mas.saya sangat mohon sekali bntuannya mas.soalnya baru pertama make veneta isi ulang mas.biasanya saya ganti cartridge.

    BalasHapus