Selasa, 26 November 2013

PENYAKIT KOMPUTER ANEH (LAGI) - RAM YANG MEMBIKIN PUYENG

Kali ini saya ingin berbagi pengalaman dalam serial (emangnya komik ...) penyakit aneh bin ajaib komputer. Sebagaimana penyakit-penyakit aneh komputer yang telah saya tulis sebelumnya, solusi untuk mengatasinya kebanyakan merupakan solusi sederhana yang tidak memerlukan keahlian komputer yang canggih-canggih amat.

Nah kali ini masih berkaitan dengan komputer yang sebelumnya saya service karena tidak dapat mengakses situs Google, Yahoo dan Facebook. Setelah beberapa lama normal ternyata komputer itu kambuh lagi. Tetapi kali ini ngadatnya agak berbeda dengan penyakit sebelumnya. Kata konsumen saya komputer itu tidak bisa booting. Saat dihidupkan cuma layar yang yang berkedap-kedip ria tanpa ada pesan maupun kesan lanjutan.

Berhubung konsul nya via telpon maka saya suruh konsumen saya untuk mencoba mengganti monitornya. Siapa tau kan monitornya yang trouble. Ternyata kata konsumen saya sudah dicobanya pake monitor laen dan hasilnya sami mawon. Bahkan dia udah nyoba monitor yang jadi tersangka awal tadi pake komputer satunya dan ternyata monitor ini normal-normal aja.

Oke, langsung aja skip ceritanya ke bagian teknisnya. Saat saya coba di rumah ternyata emang tuh komputer ngadat booting. Anehnya layarnya walau tidak menampilkan gambar apapun tapi berkedap-kedip ria kayak lampu disko.

Diagnosis pertama VGA bermasalah. Karena VGA nya onboard berarti setting BIOS nya yang bermasalah. Langsung aja saya reset tuh BIOS dan hasilnya tidak ada perubahan. Layar tetap gelap dan berkedip-kedip dengan genitnya. Kemudian saya cabut semua perangkat yang nempel ke mainboard (HDD dan DVD) kecuali RAM dan Keyboard hasilnya komputer tetap tidak bereaksi.

Iseng-iseng saya cabut mainboard dari casing dan saya pindahkan ke casing komputer laen. Namun hal ini tidak membawa hasil. Penyakitnya tetap sama. Hmm berarti mainboardnya nih yang udah K.O. Tapi pada saat saya udah bermaksud mengembalikannya ke konsumen baru saya teringat, ada satu komponen yang belum saya ganti. Komponen tersebut adalah RAM. Langsung saya cabut RAM nya dan saya hidupkan komputernya lagi.

Ternyata saat tanpa ada RAM terpasang, BIOS bereaksi dengan mengeluarkan bunyi beeper (tit..tit..tit..tiiit..tit) gitu berulangkali. Lha berarti mainboardnya bisa bereaksi. Lalu saya ganti RAM nya dan eeh ternyata hidup tuh komputer. Berarti kemungkinan besar RAM nya nih si biang keroknya. Namun saat saya cabut RAM saya dan saya pasangkan lagi RAM yang lama ke mainboard ternyata komputernya tetap normal. Lalu saya kembalikan konfigurasi komputer ke konfigurasi aslinya dan ajaibnya tu komputer berjalan dengan normal. Saya coba juga RAM nya di masing-masing slot, tetap normal. Weleh jadi apa yang salah?

Nah untuk penyakit yang satu ini saya belum mendapatkan kesimpulan yang pasti apa penyebabnya. Secara teori jika RAM bermasalah seharusnya komputer via BIOS akan memberikan alarm peringatan (beeper) sebagaimana di atas. Demikian pula halnya jika RAM tidak terpasang kencang atau tidak terpasang dengan benar pada slotnya. Pasti si BIOS akan teriak-teriak. Kalau slot memori pada mainboard yang bermasalah juga rasanya kurang pas, karena seharusnya juga akan muncul peringatan saat BIOS menjalankan rutin POST. Lagipula saya udah nyoba masang RAM nya ke masing-masing slot (slotnya ada dua) dan keduanya normal koq.

Jika setting RAM pada BIOS tidak tepat pun rasanya kurang afdol, karena seharusnya juga muncul peringatan pada saat BIOS menjalankan rutin POST. Apa lagi sebelonnya saya udah mereset BIOS nya sehingga setting yang muncul kan setting default dari pabrik yang pastinya disetel ke settingan yang paling standar.

Jadi jika komputer anda suatu saat ngadat booting, tanpa menampilkan peringatan error apapun hanya layar yang berkedap-kedip, cobalah langkah sebagaimana yang saya lakukan di atas sebagai salah satu alternatif solusi untuk mengatasinya. Siapa tau trouble tersebut sama dengan yang saya temui. Walau pun belum tentu sama, tidak ada salahnya anda mencobanya.

Semoga pengalaman ini bermanfaat.


Regards

Tidak ada komentar:

Posting Komentar